22 May 2011

Memasang Adsense For Search di Blog


google adsense pictIstilah Adsense for Search mungkin sudah tidak asing lagi di telinga internet marketer. Adsense for Search adalah salah satu produk Google Adsense. Ada beberapa macam produk Google Adsense yang bisa ditampilkan para penayang (publiser). Ada yang berupa Adsense for Content, Adsense for Search, Adsense for Feeds, Adsen for Domains, dan yang terbaru adalah Adsense for Mobile Content. Pada artikel ini Saya hanya akan mepaparkan bagaimana cara memasang Adsense for Search di blog Anda khusunya blogspot.

Adsense for search adalah bagian dari produk adsense dimana iklan-iklannya akan tampil di dalam hasil pencarian menggunakan mesin pencari Google. Perhatikan contoh tampilan adsense for search yang ada di blog saya ini, jika Anda masukkan kata kunci pada kotak pencarian dan klik tombol “Cari” maka akan tampil topic yang Anda cari dan bersamaan itu pula ada iklan dari Google yang ikut muncul. Nah… jika iklan-iklan tersebut diklik, maka kita akan mendapat komisi. Yang lebih menggembirakan lagi, Adsense for Search ini diperbolehkan oleh Google dipasang pada blog bahasa Indonesia.

Untuk bisa memasang iklan-iklan Google ini syarat utama harus sudah menjadi member adsense. Untuk pendaftaran member adsense, silakan pelajari disini. Setelah kita berhasil menjadi member, langkah selanjutnya untuk memasang adsense for search adalah:

1. Silakan login terlebih dahulu ke administrasi Google Adsense http://www.google.com/adsense
2. Klik menu tab “Konfigurasi Adsense” >> “Dapatkan Iklan“
3. Pilih “Adsense Untuk Pencarian” (Adsense for search)
4. Pada bagian Adsense untuk Penelusuran, pilih “Hanya situs yang saya pilih” dalam “Jenis Pencarian“
5. Tuliskan situs Anda pada bagian “Situs Terpilih“, misalkan “http://blog-paksya.blogspot.com“
6. Masukkan kata kunci yang digunakan untuk menyesuaikan hasil pencarian dengan iklan pada bagian “Kata Kunci Optional“.
Misalkan situs atau blog Anda membahas tentang tutorial blog, maka gunakan keyword: tutorial blog. (gunakan spasi untuk memisahkan kata-kata kunci).
7. Klik tombol “Lanjut”
8. Setelah tombol “Lanjut” diklik, berikutnya akan tampil fasilitas untuk mengatur tampilan form pencarian dan tombolnya. Silakan pilih tampilan sesuai yang diinginkan.
9. Klik “Lanjut” kembali


10. Berikutnya Anda akan dibawa ke pengaturan yang terkait dengan “Gaya Hasil Pencarian“. Pada opsi “Pembukaan Halaman Pencarian“, silakan pilih “Buka Hasil di Situs Saya Sendiri“, lalu masukkan URL Blog Anda yang akan kita gunakan untuk membuka hasil pencarian Search, misalnya http://blog-paksya.blogspot.com.
11. Tentukan lokasi iklan yang diinginkan terhadap hasil pencarian. Lokasi bisa di atas dan kanan hasil pencarian, di atas dan bawah, atau bisa juga di kanan saja.
12. Pilih warna teks iklan dan hasil pencarian yang diinginkan
13. Klik “Lanjut”
14. Selanjutnya beri tanda centang pada kotak persetujuan persyaratan.
15. Beri nama mesin pencari Anda, misalnya “Mesin Pencari Blog Paksya“.
16. Klik “Kirim dan Dapatkan Kode“
17. Selanjutnya Anda akan diberikan 2 buah kode berbentuk Javascript untuk diletakkan di situs atau blog Anda. Kode pertama untuk menampilkan kotak pencarian, dan kode kedua untuk menampilkan hasil pencarian + iklan.
18. Nah… setelah Anda mendapatkan kode, sekarang silakan login ke akun Blogger Anda untuk meletakkan script Adsense tersebut di blog Anda.
19. Copy script yg pertama dan taruh di sidebar blog Anda (untuk membuat kotak penelusuran). Klik tab “Rancangan/Design” --> “Tambah Gadget/Add a Gadget” --> pada sidebar “Html/Javascript” --> "Simpan"
20. Copy script yg kedua juga seperti langkah-19 (untuk membuat halaman hasil penulusuran). Klik tab “Rancangan/Design” --> “Tambah Gadget/Add a Gadget” --> pada sidebar “Html/Javascript” . Untuk elemen yang kedua ini geser/pindah ke posisi setelah elemen yang pertama --> "Simpan"
21. Selesai. Sekarang silahkan Anda coba Searchnya, semoga dapat berfungsi dengan baik





Cari Topik yang Anda Inginkan Disini

Baca juga yang ini :



Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman Anda lewat tombol-tombol di bawah ini ….

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Reddit

6 comments:

andiero on 30/5/11 12:31 said...

sob, jadi hasil penelusurannya ada di sidebar dung?

Paksya on 6/6/11 20:33 said...

hasil penelusuran dpt juga ditampilkan di halaman posting, buat dulu postingan baru tp kosongkan sj halaman postingnya, beri judul misalnya "Hasil penelusuran" lalu copy sricpt yg kedua dan paste di halaman posting tadi, klik terbitkan entri...

adeerlin on 20/11/11 08:44 said...

sip,, makasih infonya,,

Unknown on 23/6/12 14:03 said...

Makasi ya n berhasi dipasang...

dtopblog on 3/3/13 17:06 said...

trimakasih atas tutorialnya yang begitu jelas dan detail, sangat memberikan pencerahan dan pengetahuan baru buat saya. Salam kenal.

Budaya Indonesia on 15/3/14 18:40 said...

oke ana coba gan. terima kasih informasinya gan. sukses selalu

Post a Comment

Silahkan Sobat meninggalkan komentar, mau nanya?, kasih saran?, atau mau kritik? Biar kita makin dewasa gitu...

 

Blog Paksya. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com